Pompeo: AS Dukung Upaya Internasional Selidiki Pemilu Belarusia

0
84

Amerika tetap sangat prihatin atas “kecurangan serius” dalam pemilihan presiden Belarusia, Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan hari Kamis. Ia menambahkan, Amerika mendukung upaya universal untuk menyelidiki secara independen manipulasi dalam pemilihan negara itu.

Amerika juga mendukung cara internasional untuk secara independen menganalisis pelanggaran HAM dan tindakan bersusah-susah terhadap demonstran, kata Pompeo pada pernyataan.

Belarusia menghadapi krisis politik terbesarnya sejak lepas dari Uni Soviet. Puluhan ribu demonstran menolak Kepala Alexander Lukashenko yang memenangi pemungutan suara 9 Agustus itu. Taat lawan-lawannya, pemilu itu dicurangi.

“Amerika mendukung pemilu yang bebas dan adil yang membayangkan keinginan rakyat Belarusia secara patokan. Pemilu 9 Agustus tidak menutup standar itu, ” kata Pompeo.

Polisi menahan lebih dari 6. 000 orang di dalam beberapa hari pertama protes dan menembakkan peluru karet dan udara air mata. Puluhan demonstran dan petugas polisi terluka dalam antagonisme itu dan dua orang tewas.

Pompeo mengecam kebengisan terhadap demonstran damai dan kuli di Belarusia serta penangkapan pengikut oposisi dan demonstran. Ia menganjurkan pembebasan segera mereka yang “ditahan secara tidak adil” dan mengungkap jumlah mereka yang dilaporkan habis. [ka/ii]