Istri Jenguk Pembangkang Rusia yang Koma di RS Berlin

0
73

Kantor berita Associated Press melaporkan istri dari pembangkang Rusia Alexei Navalny, mengunjungi suaminya di Jerman pada Minggu (23/8). Navalny sedang dirawat di sebuah rumah sakit di Berlin karena diduga keracunan.

Yulia Navalnaya dan seorang asistennya tidak berbicara kepada reporter ketika mereka memasuki rumah sakit Charite di Ibu Kota Jerman untuk menjenguk Navalny. Pria itu dalam keadaan koma dan bernapas dengan bantuan ventilator.

Navalny, yang terbang ke Moskow dari Siberia pada Kamis (20/8), jatuh sakit dalam penerbangan. Pesawat itu kemudian melakukan pendaratan darurat di Omsk, di Siberia. Pembantunya mengatakan Navalny minum secangkir teh hitam di kafe bandara.

Para pendukung Navalny, seorang pengkritik Presiden Rusia Vladimir Putin, meyakini teh itu diracun.

Navalnaya mendesak agar suaminya, 44 tahun, diterbangkan ke Berlin untuk mendapat pengobatan. Setibanya di sana pada Sabtu (22/8), juru bicara rumah sakit Manuela Zingl mengatakan kepada AP bahwa Navalny akan menjalani tes diagnosis ekstensif. Dia juga mengatakan para dokter tidak akan mengomentari penyakit atau perawatannya sampai mereka bisa mengevaluasi hasilnya. Laporan AP itu tidak menyebutkan jangka waktunya

Pada Sabtu (22/8), para pejabat kesehatan Rusia, yang mulanya tidak mengizinkan Navalny diterbangkan ke Jerman, mengatakan tes-tes tidak menunjukkan adanya racun dalam tubuhnya. [vm/pp]