Tabrakan Pasukan AS dan Rusia pada Suriah, Sejumlah Tentara AS CederaÂ

0
72

Kantor berita Reuters melaporkan, mengutip dua pejabat AS, Rabu (16/8), sejumlah tentara Amerika Serikat (AS) cedera dalam sebuah insiden dengan pasukan Rusia di Suriah.

Sementara relasi antara pasukan Amerika dan Rusia kerap terjadi, insiden tersebut menggarisbawahi risiko dari ke dua negeri beroperasi berdekatan di Suriah melahirkan, serta potensi eskalasi ketegangan.

Salah satu pejabat tersebut, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan, cedera yang diderita ialah akibat tabrakan dan bukan dasar tembak.

Pejabat yang lain mengatakan, insiden ini terjadi di pekan ini di Suriah timur laut. Para tentara mengalami cedera ringan.

Pentagon & Komando Sentral AS yang memeriksa pasukan AS di kawasan tersebut, tidak memberikan komentar. Pihak militer AS mengatakan, Ketua dari Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley, telah berbicara dengan konco setaranya dari Rusia, Rabu (26/8), tetapi tidak ada rincian mengenai apa yang dibahas.

Militer AS biasanya tidak menanggapi cedera, tetapi bulan lalu, seorang anggota pasukan terjun payung GANDAR tewas ketika kendaraannya terguling di dalam sebuah kecelakaan di Suriah timur.

Video di media sosial memperlihatkan kendaraan-kendaraan militer Rusia, yang didukung oleh sepasang helikopter, dikendarai sangat dekat ke kendaraan lapis baja AS. Asal usul video itu tidak jelas.

Sebelumnya tahun ini, sebuah video lainnya memperlihatkan interaksi dengan dekat antara pasukan-pasukan itu dalam sebuah jalan di Suriah.

Sekitar 500 pasukan AS masih ada di Suriah melahirkan setelah terjadi pengurangan tajam pasukan AS. Mereka awalnya dikerahkan ke sana untuk mengusir ISIS lantaran basis mereka di negara tersebut.

Beberapa daerah itu juga memiliki sumber minyak, serta ini merupakan alasan yang dikutip Presiden Donald Trump untuk menjaga pasukan AS yang bermitra secara sekutu Kurdi di kawasan tersebut. [jm/pp]