AS akan Kirim Tes Cepat Baru Covid-19 Baru ke Sejumlah Negara Bagian 

0
53

Pemerintahan Trump, Selasa (1/9), mengumumkan bahwa “sejumlah besar” tes cepat Covid-19 yang bulan lalu dibeli dari Abbott Laboratories akan dikirimkan pada para pemimpin negara bagian untuk mendukung pembukaan kembali “infrastruktur penting” di Amerika.

Melalui kesepakatan senilai $ 750 juta, pemerintah AS memperoleh 150 juta alat tes dari Abbott, yang akan mulai didistribusikan akhir bulan ini. Perusahaan tersebut mengatakan sedang meningkatkan produksi dan akan memproduksi lebih dari 50 juta alat tes per bulan pada Oktober untuk memenuhi tingginya permintaan. Penyakit Covid-19 disebabkan oleh virus corona.

Pejabat pemerintah mengatakan membantu dibukanya kembali sekolah dan pusat penitipan anak serta menyediakan tes untuk responden pertama dan penduduk berkebutuhan khusus merupakan prioritas utama.

Tes itu hanya memerlukan waktu 15 menit untuk mendapatkan hasil tes dan telah terbukti mendiagnosis kasus positif virus corona dengan keakuratan sekitar 97%. Badan Pangan dan Obat-obatan AS (Food and Drug Administration/FDA) pekan lalu mengizinkan penggunaan alat tes itu untuk penggunaan darurat.

Abbott mengatakan tes cepat itu menggunakan teknologi yang sama seperti tes kehamilan, tetapi daripada menggunakan hormon untuk mengetahui apakah seseorang hamil, tes antigen mencari keberadaan protein dalam air liur atau lendir untuk mengetahui apakah seseorang positif Covid-19.

Pejabat pemerintah mengatakan yakin tes yang mudah digunakan ini. akan membantu mengurangi lamanya waktu tunggu yang dialami banyak orang Amerika tahun ini ketika tes harus dikirim ke laboratorium di seluruh negeri untuk diproses. Harga tes juga terjangkau, yaitu $5.

Saat ini, tes tersebut hanya disetujui untuk digunakan di kantor dokter, ruang gawat darurat, dan sekolah-sekolah. [my/pp]