Puluhan Ribu Hadiri Pemakaman Pemimpin Islamis Bangladesh

0
78

Polisi Bangladesh mengatakan puluhan ribu orang bergabung untuk menghadiri pemakaman pemimpin gabungan Islamis terbesar Bangladesh pada Sabtu (19/9) di sebuah kota kecil di sebelah tenggara.

Allama Shah Ahmad Shafi, dengan memimpin kelompok garis keras Hefazat-e-Islam sejak dibentuk pada 2010, wafat karena komplikasi akibat usia tinggi pada Jumat (18/9) di Dhaka, Ibu Kota Bangladesh. Dia dipercaya berusia lebih dari 100 tarikh.

Kematiannya terjadi sehari setelah sebuah pergolakan yang membabitkan ribuan siswa di madrasahnya, peristiwa yang tak pernah terjadi sebelumnya. Ia terpaksa mengundurkan diri sesudah tiga puluh tahun menjabat jadi kepala madrasah itu.

Shafi merintis politik nasional masa mengajak puluhan ribu pengikutnya berunjuk rasa ke Dhaka pusat di Mei 2013. Ketika itu mereka menuntut undang-undang (UU) penistaan keyakinan yang keras dan eksekusi seorang blogger ateis.

Unjuk rasa itu berakhir dengan kebengisan ketika polisi mengusir para pengikutnya dari pusat komersial di pokok kota. Sekitar 50 orang tewas dalam berbagai bentrokan dengan pasukan keamanan, kebanyakan karena ditembak. Perkara itu merupakan salah satu kebengisan politik terburuk di negara itu.

Sekitar enam blogger dan aktivis sekuler kemudian dibunuh oleh para ekstremis Islamis. [vm/ft]