Penanganan Covid-19 Hingga Integritas sebagai Atasan Jadi Isu Debat Capres GANDAR

0
90

Calon presiden Golongan Republik, yang juga petahana Pemimpin Donald Trump, dan penantangnya lantaran Partai Demokrat, mantan presiden Joe Biden, menyampaikan pandangan-pandangan mereka yang saling bertolak belakang dalam debat ketiga di Kota Nashville, Tennessee.

Debat ketiga dengan disiarkan secara langsung dari Belmont University, menjadi debat terakhir sebelum pemilu presiden pada 3 November mendatang.

Berbeda secara debat pertama di Cleveland, Ohio, September lalu, yang sebagian berlangsung tak terkendali karena kedua capres saling interupsi satu sama lain, dalam debat Kamis(22/10) malam Persen Urusan Debat Capres AS memutuskan untuk mematikan mikrofon salah mulia capres ketika lainnya sedang berbicara di setiap awal topik yang dibahas.

Mikrofon pertama dihidupkan kembali ketika tiba saatnya memberikan pandangan.

Wartawan NBC News, Kristin Welker, yang menjadi moderator debat kali ini, mengambil acara dengan pertanyaan tentang apakah yang akan dilakukan capres yang kelak terpilih untuk menangani wabah virus corona.

Trump menyebut sejumlah pencapaiannya, termasuk kesiapan vaksin dalam beberapa minggu ke depan.

Pernyataan ini dikritisi Biden yang menilai negeri Trump telah gagal menangani pandemi virus corona yang hingga Kamis (22/10) telah menjangkiti lebih daripada 8, 2 juta orang, termasuk lebih dari 240 ribu karakter meninggal. Jumlah kematian akibat Covid-19 di AS adalah yang tertinggi di dunia.

Perbincangan kemudian menyentuh isu keamanan nasional, potensi campur tangan pihak ganjil dalam pemilihan presiden Amerika had ke beberapa tuduhan. Antara lain soal kecilnya pajak yang dibayarkan Presiden Trump yang sebagaimana informasi surat kabar New York Times kamar lalu. Jumlah pajak yang dibayarkan tak sebanding dengan pendapatannya. Atau soal indikasi adanya rekening bank Trump di China.

Trump membalas kritik terhadapnya dengan mengecam putra Joe Biden, Hunter, yang menurutnya telah memanfaatkan status ayahnya ketika menjabat sebagai pengantara presiden pada pemerintahan sebelumnya buat membangun bisnis di China dan Ukraina.

Debat serupa membahas soal layanan kesehatan, mutasi iklim, perbaikan sistem imigrasi serta isu ras, keamanan nasional maka soal integritas keduanya sebagai kepala.

Beberapa laporan mengutarakan hampir 90 persen warga Amerika telah menentukan pilihan mereka. Total itu termasuk 47 juta warga yang sudah memberikan suara itu lewat surat dan datang langsung ke tempat pemungutan suara (TPS) di sejumlah negara bagian yang mengizinkan untuk memberikan suara bertambah dulu atau early voting. Namun masih ada 10 persen lainnya yang masih belum menentukan pilihan.

Banyak pemilih Kelompok Demokrat yang mendukung Biden mengucapkan mereka memilih untuk memberikan perkataan lebih dini, baik lewat pos maupun datang langsung ke TPS, karena ingin Biden menggantikan Trump untuk empat tahun ke ajaran. Sementara para pemilih Partai Republik mengatakan mereka lebih memilih hadir langsung ke TPS pada keadaan pemungutan suara 3 November sebagaimana norma yang ada selama puluhan tahun.

Debat dalam Nashville, Tennessee ini bisa maka merupakan kesempatan terakhir Trump, pebisnis real-estat dan bintang televisi realitas yang beralih menjadi politisi, untuk meraih dukungan publik. Dalam kurang jajak pendapat di tingkat nasional Biden unggul 8-10 poin pada Trump, tetapi hanya selisih sedikit di negara-negara bagian kunci melahirkan atau battleground states . [em/ft]