Polisi Jerman Geledah Rumah Para Tersangka Penyerangan Wina

0
63

Petugas Jerman telah menggerebek rumah-rumah dan tempat-tempat kerja empat orang dengan terkait dengan simpatisan ISIS dengan melakukan serangan yang menelan target jiwa di Wina pekan tersebut.

Kepolisian federal mengatakan, Jumat (6/11), bahwa mereka awut-awutan termasuk sejumlah anggota unit antiterorisme GSG9 – menggeledah sejumlah tempat di kawasan Osnabrueck, Kassel & Pinneberg.

Polisi mengucapkan, sementara keempat orang tersebut era ini tidak dicurigai terlibat di dalam penembakan hari Senin (2/11), tersedia bukti bahwa mereka memiliki hubungan dengan penyerang. Dalam insiden penembakan Senin (2/11), lima orang tewas, termasuk pelaku penembakan.

Pihak berwenang di Austria sudah mengidentifikasi penyerang sebagai Kujtim Fejzulai yang berusia 20 tahun. Adam berkewarganegaraan ganda Austria dan Makedonia Utara ini pernah dinyatakan bersalah oleh pengadilan karena mencoba bercampur dengan ISIS di Suriah, namun mendapat pembebasan dini Desember berarakan.

Sebuah penyelidikan telah digelar untuk mengetahui mengapa Austria tidak menempatkan Fejzulai dalam perlindungan meskipun telah diberi tahu sebab pihak berwenang Slovakia bahwa Fejzulai mencoba membeli amunisi untuk bedil serbu di sebuah toko pada Bratislava, Juli lalu. [ab/uh]