Mantan PM Bahrain Meninggal

0
52

Pangeran Khalifa bin Salman Al Khalifa dari Bahrain, salah satu perdana menteri yang paling lama menjabat di dunia, meninggal, Rabu (11/11), pada usia 84 tahun.

Kantor berita pemerintah Bahrain, yang mengumumkan kematiannya, mengatakan, ia telah menerima perawatan di Klinik Mayo di Amerika Serikat, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Klinik Mayo tidak segera menanggapi permintaan Associated Press untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Khalifa memimpin pemerintah negara kepulauan itu selama puluhan tahun, termasuk sewaktu terjadi gelombang protes Arab Spring pada 2011 yang menuntut pengunduran dirinya atas tuduhan korupsi.

Kekuasaan dan kekayaan Khalifa dapat dilihat di mana-mana di negara kecil di lepas pantai Arab Saudi ini, yang menampung Armada ke-5 Angkatan Laut AS. Potret resminya terpajang selama beberapa dekade di dinding kantor-kantor pemerintah.

Ia memiliki pulau pribadi yang sering dijadikannya sebagai tempat bertemu dengan para pejabat asing. Pulau itu dilengkapi dengan marina dan taman yang menghadirkan burung-burung merak dan rusa-rusa liar.

Pangeran Khalifa lahir dalam dinasti Al Khalifa yang selama lebih dari dua abad memerintah Bahrain.

Sebagai putra mantan penguasa Bahrain, Sheikh Salman bin Hamad Al Khalifa yang memerintah dari 1942 hingga 1961, Pangeran Khalifa belajar pemerintahan dari ayahnya sewaktu Bahrain masih menjadi protektorat Inggris.

Pangeran Khalifa memiliki tiga anak yang masih hidup — dua putra, Ali dan Salman, serta seorang putri, Lulwa. Putra lainnya, Mohammed, meninggal mendahului Pangeran Khalifa. [ab/uh]