China Tuntut India Cabut Larangan Sebesar Aplikasi Ponsel

0
317

China, Rabu (25/11), menuntut India mencabut larangan penggunaan sebanyak aplikasi ponsel China di tengah ketegangan antara Beijing dan sebesar negara lain terkait teknologi & keamanan.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China menuduh India melanggar aturan perniagaan bebas global dan mendiskriminasi perusahaan-perusahaan China.

India, Selasa (24/11), mengumumkan larangan penggunaan 43 aplikasi dan banyak di kurun aplikasi-aplikasi itu merupakan buatan China. India menilai apikasi-aplikasi tersebut mengancam kedaulatan dan integritas negara namun tidak merinci alasannya.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian. (Foto: dok).

Keputusan itu muncul menyusul diberlakukannya larangan kepada sejumlah aplikasi buatan China yang lain, termasuk layanan video populer TikTok.

“Pihak India harus segera mengakhiri praktik diskriminatif ini untuk menghindari kerusakan yang lebih besar terhadap kerja sama jarang kedua negara, ” kata Ahli Bicara Zhao Lijian.

Zhao meminta India melindungi benar dan kepentingan yang sah perusahaan-perusahaan China tetapi tidak memberikan isyarat apakah Beijing akan melakukan tindakan pembalasan.

Amerika Serikat dan beberapa negara lain telah menyatakan keprihatinan mereka bahwa aplikasi-aplikasi buatan China mungkin mengumpulkan sungguh-sungguh banyak informasi sensitif tentang penggunanya. Pemerintahan Trump menekan pemilik TikTok di China untuk menjual hak operasinya di AS.

Hubungan China-India tidak biasanya benar sensitif saat ini karena rombongan dari kedua belah pihak padahal terlibat dalam pertikaian perbatasan dalam Himalaya. [ab/uh]