Bon Eropa Buka Jalan bagi Konvensi Investasi China

0
515

Negara-negara anggota Uni Eropa, Senin (28/12), memberikan dukungan politik kepada konvensi investasi yang direncanakan Brussel secara China yang membuka jalan bagi kesepakatan antara blok itu serta negara dengan ekonomi terbesar pada dunia.

Seorang diplomat mengatakan pada pertemuan duta gede, kepresidenan Uni Eropa Jerman merekam tidak ada anggota yang “menyatakan keberatan sehingga melapangkan dukungan kebijakan. ”

Para duta menyebut “perkembangan positif baru-baru ini” dalam perundingan dengan China, membahas kekhawatiran terkait dugaan penggunaan kegiatan paksa di pertaniannya.

Perkembangan ini terjadi setelah departemen luar negeri China pekan cerai-berai mengatakan “perundingan sudah memasuki tahap akhir” dan diplomat Uni Eropa lainnya mengatakan kesepakatan ini mampu secara resmi diumumkan pada minggu ini.

“Kami sedang harus berhati-hati, tetapi selama China setuju, mungkin ada pengumuman formal dari Brussel dan Beijing di akhir pekan ini, ” kata pendahuluan utusan senior itu kepada AFP.

Kesepakatan itu akan menjadi dorongan besar bagi ke-2 belah pihak dan memperkuat hubungan ekonomi antara negara-negara besar tersebut menjelang pelantikan presiden terpilih AS, Joe Biden di Gedung Putih pada Januari. [my/jm]