Pakistan Tangkap Militan yang Diduga ‘Penggalang Dana’ ISIS

0
545

Bagian berwenang di Pakistan, Senin (18/1), mengatakan telah menangkap seorang mahasiswa di Karachi, kota pelabuhan pada Pakistan selatan. Mahasiswa itu diduga mengumpulkan dan mengirim dana kepada militan ISIS yang bertempur dalam Suriah.

Secara terpisah, militer Pakistan mengatakan pasukannya menerjang tempat persembunyian di dekat perbatasan barat negara itu dengan Afghanistan, dan membunuh dua “teroris” superior dalam baku tembak. Militer mengatakan militan ketiga “mengalami luka-luka serta ditangkap. ”

Bagian kontra terorisme provinsi Sindh, secara ibukotanya, Karachi, mengidentifikasi tersangka bagian ISIS yang ditahan itu sebagai Umar Bin Khalid, seorang mahasiswa tahun terakhir di NED University of Engineering and Technology di kota itu. Ia mencoba terangkat kereta sebelum ditahan pada hari Minggu.

Departemen tersebut mengatakan “pemeriksaan forensik” dari besar ponsel Khalid menegaskan hubungannya dengan sebuah kelompok “yang mengumpulkan simpanan di Pakistan untuk ISIS serta mengirimnya ke Suriah. ”

Pernyataan itu mengatakan benduan itu terlibat dalam kegiatan pengukuhan dana selama dua tahun belakang, dan ia melakukan kontak “langsung dengan keluarga teroris yang merancangkan aksi teror di Pakistan serta Suriah. ”

ISIS mengaku merencanakan serangan mematikan dalam Pakistan dalam beberapa tahun belakang. Serangan itu termasuk penculikan & pembantaian 10 penambang batu bara awal bulan ini di daerah Baluchistan, Pakistan barat daya. [my/ka]