Pemerintah Inggris Siap Bekerja Sama secara Biden

0
397

PM Inggris Boris Johnson dan pemimpin antitesis dari Partai Buruh Keir Starmer hari Rabu (20/1) menyampaikan sebutan selamat kepada Joe Biden dalam hari pelantikannya sebagai presiden ke-46 AS.

Berbicara pada parlemen dalam sesi tanya tanggungan mingguannya dengan para legislator, Johnson mengatakan ia sangat ingin segera bekerja sama dengan Biden dan pemerintahannya yang baru untuk “memperkuat kemitraan antara negara kita & mengerjakan prioritas bersama kita. ”

Johnson menyebut transisi iklim, pemulihan dari pandemi dan “memperkuat keamanan trans-Atlantik” sebagai preferensi bersama antara kedua negara.

Starmer serupa ikut menyambut Biden dan Pengantara presiden Kamala Harris, menyebut pelantikan mereka “sebagai kemenangan harapan akan kebencian dan momen nyata optimisme di AS dan di semesta dunia. ”

Di editorial hari Rabu di harian Inggris Daily Mail, mantan PM Inggris Theresa May mengatakan Biden dan Harris memberi Inggris “mitra-mitra untuk tindakan positif untuk mewujudkan dunia menjadi tempat yang bertambah aman. ”

May menggunakan editorial yang sama buat mengkritik tajam Johnson, penggantinya jadi perdana menteri, dengan mengatakan tadbir Johnson telah “meninggalkan kepemimpinan bersusila global. ” [uh/ka]