Kepala Biden Paparkan Visi Kebijakan Sungguh Negeri AS pada Kamis

0
519

Presiden Joe Biden mau memberi gambaran visi kebijakan asing negerinya dalam pidato di Bagian Luar Negeri Amerika pada Kamis (4/2).

Meski pun pidatonya tidak akan menguraikan rincian pendekatan baru yang diambil Amerika terhadap musuh-musuhnya, termasuk China, Korea Utara, Rusia, dan Iran, Biden diduga akan memaparkan visinya berupa pendekatan pada sekutu-sekutu Amerika berjalan menghadapi tantangan global.

Dalam sebuah konferensi pers dalam Rabu (3/2), juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Biden akan menguraikan garis besar kebijakan luar negerinya tetapi tidak mau disertai rincian. Ditambahkannya, Biden yakin bahwa Amerika harus bekerja sepadan secara erat dengan sekutu-sekutu Amerika dalam menghadapi China.

Juru bicara Departemen Luar Neger Amerika, Ned Price, menyuarakan nada yang sama selama konferensi pers pada Rabu (3/2) siang.

“Kebijakan kita tidak bertukar, ” kata Price kepada para-para wartawan, dan ditambahkannya, kebijakan tersebut tetap dipandu oleh “Kebijakan Satu China” yang dianut oleh Amerika.

Menjawab pertanyaan VOA, Menlu Amerika Anthony Blinken minggu lalu mengatakan ke depan, hubungan antara Amerika dan China adalah “hubungan paling penting di negeri ini. ” [jm/em]