Ngozi Okonjo-Iweala, Perempuan dan Orang Afrika Pertama yang Pimpin WTO

0
483

Organisasi Perdagangan Dunia ( World Trade Organization/WTO ) untuk pertama kali memilah perempuan dan orang Afrika sebagai pemimpin organisasi tersebut.

Ekonom Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala, dengan berusia 66 tahun, ditunjuk sebagai direktur jenderal WTO pada Senin (15/2), oleh perwakilan dari 164 negara yang membentuk organisasi itu.

Dalam konferensi pers daring, Senin (15/2), Okonjo-Iweala mengucapkan bahwa ia sangat ingin memulai pekerjaan mereformasi organisasi itu serta memodernisasi aturan agar sesuai dengan masalah abad ke-21.

Dia mengatakan salah satu pengutamaan utamanya adalah fokus pada masalah COVID-19, termasuk bekerja sama secara fasilitas COVAX dan Akselerator ACT untuk mempercepat pasokan dan vaksin ke negara-negara miskin.

Pemilihan Okonjo-Iweala sebagai kepala WTO ditunda selama berbulan-bulan karena Pemimpin Amerika Donald Trump tidak mendukungnya. Trump beralasan Okonjo-Iweala kurang pengalaman dalam perdagangan langsung dibandingkan secara kandidat lain.

Tadbir Biden mencabut keberatan Amerika, menelungkupkan jalan bagi Okonjo-Iweala untuk mendududki jabatan puncak itu.

Okonjo-Iweala bekerja di Bank Dunia selama 25 tahun, di mana ia mengadvokasi pertumbuhan ekonomi di negara-negara miskin. Ia naik ke posisi nomor dua di pola itu, di mana ia menimbrung mengawasi anggaran $81 miliar buat pembangunan Afrika, Asia Selatan, Eropa dan Asia Tengah. [ka/jm]