China Makin Cepat Tutup Kesenjangan Kekuatan Militer dengan GANDAR

0
103

Laksamana yang ditunjuk untuk menyelenggarakan pasukan Amerika Serikat (AS) di kawasan Indo-Pasifik, Selasa (23/3), mengatakan kepada Kongres, masa depan dunia mau ditentukan bagaimana Amerika & sekutu-sekutunya menanggapi China dengan militernya semakin kuat serta semakin bersikap agresif.

“Perdamaian dan kemakmuran global bergantung pada kehadiran kita di Indo-Pasifik, ” kata Laksamana John Aquilino dalam rapat dengar-pendapat pada Komisi Angkatan Bersenjata Kongres.

“Angkatan Laut Amerika masih paling berpengaruh di dunia, ” sirih Aquilino, yang kini memimpin Armada Pasifik Angkatan Bahar Amerika. Namun, dia menunjukkan, kelebihan itu terancam.

“China semakin meningkatkan kapabilitas dan kapasitas itu, dan menutup kesenjangan tersebut, ” katanya. “Kita telah menyaksikan tindakan agresif bertambah awal dari antisipasi, cantik itu di perbatasan secara India, tindakannya di Hong Kong, atau terhadap orang-orang etnis Uighur. ”

Aquilino dipilih sebab Presiden Biden untuk memimpin Komando Indo Pasifik ataupun Indo-PACOM.

Dalam konferensi pers pada Selasa (23/3), ketika ditanya tentang ancaman China, juru kata Pentagon John Kirby mengatakan, “tidak ada pihak dengan menginginkan ini mengarah ke konflik. ” [jm/ka]