Pabrik Pertamina di Balongan Menyala, Lima LukaÂ

0
79

Pertamina pada Senin (29/3) mengatakan sedang berusaha mengendalikan kebakaran bergaya di kilang Balongan pada Indramayu, Jawa Barat dengan melukai lima orang & menyebabkan 950 warga di sekitar kilang harus dievakuasi..

Kantor berita Reuters melaporkan, mengutip keterangan sejumlah media, bahwa kebakaran itu dimulai usai tengah malam pada Minggu (28/3) malam. Video-video yang diunggah ke media sosial memperlihatkan kobaran api besar membakar kilang itu. Dalam video itu terdengar suara ledakan besar.

Pertamina mengatakan dalam pernyataan bahwa kebakaran di kilang dengan bisa memproses 125 ribu barel minyak per keadaan itu, terjadi di tengah cuaca buruk.

“Penyebab kebakaran belum diketahui, tetapi saat kecelakaan berlaku hujan deras dan petir, ” kata Pertamina.

Juru bicara Pertamina Ifki Sukarya mengatakan lima orang dirawat di panti sakit karena luka menjilat. Ia menambahkan bahwa kurang dari mereka lewat pada dekat kilang ketika kebakaran terjadi.

Tayangan TV memperlihatkan api sedang menyala pada Senin (29/3) pagi dan asap hitam tebal mengepul dari kedudukan, sekitar 225 km sebelah timur Jakarta.

Seorang warga mengatakan kepada Metro TV bahwa dia terbangun oleh bau tabun minyak yang kuat & melihat sambaran petir pada langit.

“Awalnya kami mencium bau minyak yang menyengat, begitu menyengatnya sampai hidung saya melempem, lalu kami mendengar sambaran petir, ” kata Susi.

“Tiba-tiba udara berwarna oranye, ” katanya.

Pertamina mengatakan akan menutup kilang tersebut dan “mengontrol aliran minyak” untuk mencegah penyebaran bertambah lanjut. [vm/ft]