Biden Yakin AS Bisa Simpanan Vaksin COVID-19 ke Luar NegeriÂ

0
270

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan kepada para-para wartawan di Gedung Suci, Rabu (21/4), Amerika cukup berupaya menyediakan vaksin virus corona yang sangat diinginkan oleh negara lain.

Pada akhir pidato yang mengumumkan telah dilaksanakannya 200 juta suntikan vaksin COVID-19 di AS, Presiden ditanya mengenai bantuan pada negara lain.

“Kita sedang dalam jalan melakukannya. Kita bahkan sudah lebih dari proses itu, ” jawab Biden.

“Kita mempertimbangkan apa yang akan dilakukan secara sebagian vaksin yang tak kita gunakan. Kita ingin memastikan vaksin tersebut damai untuk dikirim, dan meminta bisa membantu dan berguna bagi negara-negara di seluruh dunia, ” imbuhnya.

Presiden Biden mengutarakan telah membahas hal itu, Rabu (21/4), selama kira-kira setengah jam melalui telepon dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

“Kita memberi sedikit bantuan di Kanada. Kita bakal berusaha membantu lebih penuh lagi, “kata Biden. “Tapi juga ada negara lain yang yakin bisa kita bantu, termasuk di Amerika Tengah. ”

Namun, presiden mengatakan negeri AS belum yakin mampu memberikan dan mengirimkannya ke luar negeri saat tersebut.

Pemerintahan Biden telah menginvestasikan $4 miliar dalam program vaksin global COVAX untuk membantu memberi vaksin ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah dan telah berjanji untuk memacu produksi jutaan dosis AstraZeneca – yang belum diizinkan untuk digunakan di Amerika untuk negara tetangganya, Kanada dan Meksiko. [my/ka]