Jaket “Rhythm Nation” Janet Jackson Terjual Seharga Rp1, satu Miliar

0
76

Jaket gaya militer yang dikenakan Janet Jackson selama tur Rhythm Nation pada 1990an terjual seharga Rp1, 1 Miliar dalam lelang di Beverly Hills pada Jumat (14/5). Harga itu 20 kali lipat dari perkiraan harga pra-penjualan.

Melansir Reuters , jaket crop berwarna hitam dengan hiasan metal adalah satu dari barang-barang utama dari penjualan kostum panggung dan memorabilia lain yang berlangsung selama tiga hari. Penyanyi pop itu mengumpulkan barang-barang tersebut selama empat dekade. Tur tersebut adalah tur pertama Janet sebagai artis solo.

Balai lelang Julien’s Auction mengatakan jaket itu diharapkan terjual seharga $4. 000- $6. 000 atau sekitar Rp52 juta hingga Rp 86 juta. Identitas pembeli jaket itu tidak diungkapkan.

Pilihan pakaian milik artis rekaman musik Janet Jackson dipajang selama pratinjau lelang di Julien’s Auctions di Beverly Hills, California, AS, 10 Februari 2021. (Foto: REUTERS/Mario Anzuoni)

Prototipe jaket yang sama dijual seharga $21. 875.

Pemenang penghargaan Grammy Award lima kali itu, menjual lebih dari 1. 000 kostum yang dia kenakan di atas panggung, saat tur, di karpet merah, dan di video musik. Janet berulang tahun ke-55 pada Minggu (16/5)

Sebuah anting berbentuk lingkaran (hoop) dengan kunci yang dia kenakan saat tur pada 990 dan pada beberapa penampilan lainnya terjual pada Jumat (14/5) seharga $43. 750.

Kostum penyanyi yang paling terkenal, yaitu bustier atau pakaian dalam dari kulit berwarna hitam yang robek saat pertunjukan paruh waktu Super Bowl 2004, tidak disertakan dalam pelelangan.

Sebagian dari hasil lelang akan disumbangkan ke badan amal Kristed, Compassion International. Jackson juga akan menjual 100 persen dari edisi terbatas katalog lelang tiga volume, kepada organisasi nirlaba. Katalog-katalog itu ditawarkan seharga $800.

Penjualan tersebut berakhir pada Minggu (16/5). [na/ft]