GANDAR: Pertemuan Quad Musim Gugur Berfokus pada Infrastuktur

0
57

Amerika padahal mengusahakan pertemuan tatap muka dengan mitranya dalam ikatan Quad yakni Australia, India dan Jepang musim mati ini dengan fokus pada infrastruktur. Koordinator kebijakan Presiden Biden untuk Indo-Pasifik Kurt Campbell mengatakan itu dalam Rabu (27/5).

Negara-negara lain, kata Campbell, akan disambut gembira andaikata mau bekerja sama secara Quad, yang menyelenggarakan KTT virtual pada Maret berserakan. Ia berjanji akan bekerja sama secara erat pada distribusi vaksin COVID 19, isu iklim, dan kebahagiaan.

“Saya mengalami kami ingin menyelenggarakan pertemuan tatap muka Quad dan berharap bisa melakukan pertemuan yang mirip seputar infrastruktur, ” kata Campbell di konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Shorenstein Asia Pacific Research Center Stanford University.

“Dan hamba ingin menggarisbawahi, ini bukan klab keren-kerenan. Kalau ada negara lain yang berpendapat mereka hendak terlibat serta bekerja sama dengan ana, pintu terbuka sementara kita melangkah maju, ” cakap Campbell.

KTT Quad pada Maret dirancang secara hati-hati untuk melawan pengaruh China yang semakin besar. Biden dan pemimpin-pemimpin Quad berjanji akan bekerja sama untuk memastikan terselenggaranya Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka ditengah-tengah tantangan dibanding Beijing. [jm/ka]