Thailand Akan Luncurkan Gelombang Prima Vaksin AstraZeneca Lokal

0
43

AstraZeneca, Rabu (2/6), menyatakan akan cepat mengirim ke Thailand 1, 8 juta dosis vaksin COVID-19-nya yang diproduksi kongsi milik raja Thailand, pada tengah-tengah kecemasan terkait sediaan vaksin menjelang program imunisasi massal yang dijadwalkan dimulai pekan depan.

Thailand memiliki 6 juta dosis vaksin AstraZeneca, sejak 61 juta dosis yang dipesan, yang akan dibuat secara lokal oleh Siam Bioscience, perusahaan milik raja Thailand yang baru mula-mula kali membuat vaksin.

Negara di Asia Tenggara itu sedang berjuang keras untuk membendung wabah COVID-19 terkini yang memutar banyak menewaskan korban. Pihak berwenang telah bergegas untuk mendapatkan vaksin dari lebih banyak lagi produsen, disertai pesan beragam mengenai dengan jalan apa vaksinasi massal akan dikerjakan.

Pertanyaan mengenai bagaimana Siam Bioscience memenuhi target produksi merupakan pertanyaan yang sensitif karena Raja Maha Vajiralongkorn adalah pemilik tunggal kongsi itu. Menghina keluarga kerajaan Thailand merupakan suatu kebiadaban yang diancam hukuman had 15 tahun penjara.

Siam Bioscience belum menjawab pertanyaan dari Reuters mengenai target produksinya.

AstraZeneca mengatakan kepada Reuters dalam sebuah pemberitahuan bahwa perusahaan itu akan mulai mengirim vaksin hasil Thailand ke negara-negara Asia Tenggara lainnya “dalam kaum pekan mendatang. ” [uh/ab]